Ini Solusi Jitunya Budidaya Jamur Di Daerah Bersuhu Panas

Posted by Jaya Tani Saluyu, Pusat PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TANGERANG dan BOGOR

budidaya jamur bogor, jakarta dan tangerang


Andi, instruktur pelatihan budidaya jamur Jaya Tani Saluyu pada salah satu sesi pelatihan materi budidaya jamur memberikan saran kepada para pembudidaya jamur cara mengatasi suhu panas yang berlebih, yaitu dengan cara memberikan penyiraman sebanyak 3 kali sehari terhadap baglog jamur, utamanya pada siang hari, saat panas sedang dalam masa puncaknya. Hal ini penting karena suhu dan kelembaban mejadi tolak ukur keberhasilan hasil panen yang maksimal dalam budidaya jamur.

Teknik lain yang diterapkan oleh beberapa pembudidaya jamur tiram yaitu dengan menggunakan mesin pendingin guna mendapatkan suhu yang tepat. Namun cara tersebut dianggap terlalu banyak mengeluarkan biaya dan energi yang cukup besar.

Guna mengatasi masalah tersebut, baru-baru ini Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Fakultas Teknologi Perguruan Tinggi IPB mengembangkan teknik sederhana untuk mengantikan fungsi mesin pendingin pada budidaya jamur tiram. Trik yang dikembangkan oleh Manunggal Adjie Putranto dan pembimbingnya Bapak Mad Yamin ini hanya menggunakan fungsi karung goni basah sebagai pengatur suhu dan kelembaban.

Karung goni yang berfungsi sebagai pengatur suhu serta kelembaban ruangan tersebut diletakkan di lantai di sela-sela rak budidaya jamur. Melalui instalasi pipa-pipa yang sudah dibolongi dengan teknik pengatur waktu dan bantuan pompa air, karung goni akan dibasahi secara berkala oleh aliran air. 

Teknik ini diklaim dapat meningkatkan hasil panen jamur tiram. Dari hasil uji coba Manunggal terhadap 75 baglog jamur dengan menggunakan teknik karung goni basah diperoleh hasil panen 23.5 kilogram dibandingkan dengan teknik budidaya dengan cara biasa yang hanya menghasilkan sebanyak 16.5 kilogram jamur tiram segar.

Untuk hasil yang maksimal, Manunggal menyarankan para pembudidaya/petani jamur tiram menyesuaikan teknik karung goni basah ini dengan kondisi kumbung yang ada. Teknik ini akan lebih maksimal jika kumbung menggunakan penutup atap berbahan genteng daripada atap berbahan asbes.


info pelatihan budidaya jamur bogor, jakarta dan tangerang
08179163724

Related Post