Bisakah Anda Membudidayakan jamur ini? Jamur termahal di Indonesia ini harganya bisa mencapai 1 juta perkilo

Posted by Jaya Tani Saluyu, Pusat PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TANGERANG dan BOGOR

jamur tiram jakarta, jamur tiram tangerang, jamur tiram bogor, jamur tiram kalimantan, jamur tiram sumatera dan jamur tiram papua


Apa anda pernah mengkonsumsi jamur termahal ini? Mungkin hanya sebagian orang kelahiran kepulauan Bangka-Belitung yang pernah mencicipinya, karena memang jamur ini sangat jarang, hanya dapat ditemui tumbuh subur di kepulauan Bangka-Belitung.

Jamur Pelawan atau kulat Pelawan yang memiliki tubuh buah berwarna pink ini merupakan jamur endemik kepulauan Bangka-Belitung. Dinamakan kulat Pelawan karena habitat tumbuh jamur ini disekitar atau dipinggiran pohon pelawan. Jamur ini hanya akan ditemui dimusim penghujan yang disertai banyak guntur atau petir.

Bujang Salam, seorang warga Sungailiat menuturkan “kulat pelawan akan tumbuh menjamur ketika memasuki akhir bulan Maret dan pertengahan bulan September, musim penghujan yang disertai dengan banyaknya guntur dan petir. Tubuh buahnya akan bertambah besar dalam waktu empat hari, dan hanya akan bertahan selama tiga hari setelah pemanenan, jika telah lewat dari tiga hari jamur ini akan membusuk. Hal inilah yang menyebabkan harga kulat pelawan bisa mencapai 750 ribu sampai 1 juta rupiah dipasaran”.

Bujang Salam berharap pemerintah setempat mampu untuk mengembangkan budidaya jamur kulat pelawan untuk tetap menjaga kelestarian jamur tersebut serta harga jualnya tetap bertahan tinggi. 

“Sarana teknologi yang dimiliki pemerintah hendaknya dapat mengembangkan kulat pelawan agar tetap lestari yang juga akan berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena sampai saat ini belum ada teknologi yang mampu membantu petani mengembangkan budidaya jamur termahal ini” papar Bujang Salam.






Pelawan yang memiliki nama latin Tristaniopsis merguensis Griff merupakan nama sebuah pohon yang tumbuh di kepulauan Bangka-Belitung. Pohon yang tergolong spesies Myrtaceae ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk Bangka-Belitung sebagai bahan kayu bangunan, ajir perkebunan lada, kayu api dan bahan kayu pembuatan kapal laut. Hutan pelawan, habitat di mana pohon ini tumbuh merupakan tempat penghasil madu terbaik dan jamur termahal se Indonesia.

Kondisi hutan pelawan saat ini kian menghilang karena semakin tergerus. Banyaknya aktivitas pertambangan inkonvensional dan pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit semakin membuat pohon ini agak sulilt dijumpai. 

Kulat pelawan, salah satu hasil dari hutan pelawan ini begitu populer di masyarakat Bangka karena rasanya yang sangat enak. Salah satu masakan populer berbahan jamur/kulat pelawan yaitu lempah kulat pelawan. Menurut Bondan Winarno, salah satu pakar masakan nusantara, masakan berbahan jamur pelawan ini bisa membuat ketagihan bagi yang mengkonsumsinya. 



Sumber :

Skalanews.com
http://puanbabel.blogspot.com/2012/10/pelawan-kulat-dan-madu-pelawan-adalah.html



Jatayutm, praktisi pembudidaya jamur tiram tangerang dan bogor mengadakan pelatihan budidaya dan pembibitan jamur tiram dan juga pembibitan jamur konsumsi; seperti jamur kuping, merang, kancing, shiitake, ganoderma, dll, juga mengadakan pelatihan keterampilan (skill) bagi para karyawan perusahaan yang akan memasuki masa pensiun sebagai bekal berwirausaha. Mari ambil peluang menjadi pemasok jamur jakarta dan jamur bogor.


Info: 08179163724



Related Post