.

Jamur Tiram, Ladang Bisnis Potensial Yang Kian Menjamur

Posted by Jaya Tani Saluyu, Pusat PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TANGERANG dan BOGOR

budidaya jamur tiram bogor & tangerang

Medan makin menjadi ladang bisnis budidaya jamur tiram yang potensial. Reza salah satu pembudidaya jamur tiram yang membaca potensi ini. Perkenalan Reza dengan budidaya jamur tiram diperoleh dari temannya sejak lima tahun yang lalu. Reza kini telah membuktikan dirinya sebagai pengusaha jamur tiram yang sukses. Dari bisnis budidaya jamur tiram yang digelutinya, ia mampu memperoleh omset lebih dari Rp. 3 juta perbulan dan juga mampu mempekerjakan beberapa orang sebagai pegawai budidaya jamur tiramnya.

“Awalnya bisnis budidaya jamur tiram ini saya lakukan lima tahun yang lalu dari hanya beberapa baglog saja. Sekarang jumlah baglog yang saya budidayakan sudah lebih dari 4.000 baglog di dua tempat kumbung budidaya jamur” tutur Reza.

Bisnis jamur tiram yang dijalankannya laris manis dipasaran Medan, sebab kebutuhan akan jamur tiram segar di pasar khususnya di kota Medan banyak sekali konsumennya, bahkan hasil panen jamur tiram yang dibudidayakannya tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. 

Dengan hanya dari 2.000 baglog yang dikembangkan Reza, ia mampu memanen jamur tiram segar setiap hari. Keuntungan yang ia peroleh lebih dari Rp. 100.000 per hari setelah panen yang pertama. 

Reza menuturkan jamur tiram sangat mudah dibudidayakan dan perawatannya pun tidak terlalu susah. Selain karena harga bibit jamur tiram yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bibit jamur lainnya, jamur tiram jarang sekali terkena penyakit. Hanya dengan memiliki kumbung (rumah jamur) berukuran 5x5 meter saja, saya sudah dapat membudidayakan lebih dari 2.000 baglog jamur tiram, dari 2.000 baglog yang dimilikinya, keberhasilan tumbuhnya mencapai 95%. 



Related Post