.

Harga Jamur Tiram Dipasaran

Posted by Jaya Tani Saluyu, Pusat PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TANGERANG dan BOGOR

Harga jamur tiram dipasaran Bogor & Tangerang

Harga Jamur Tiram Dipasaran bogor & tangerang

Baik, panen maupun produk pasca panen jamur tiram memiliki harga bervariasi. Biasanya harga jual jamur segar berkisar antara Rp. 7.000 – 8.000,-/kg dari pengepul, sedangkan langsung ke konsumen mencapai Rp.10.000 – 12.000,-/kg. Variasi harga pun bergantung pada lokasi pembudidaya jamur, waktu panen, dan kondisi jamur. Pengepul mengambil jamur segar langsung ke lokasi kumbung dengan patokan panen/hari minimal 10-15 kg, hasil panen di bawah itu, pengepul tidak mau mengambilnya. Dari hal ini dapat diketahui bahwa usaha budidaya jamur tiram, sebaiknya hasil panen di atas 20 kg, agar pembudidaya tidak kerepotan untuk pemasaran jamur, karena waktu pengankutan jamur dari lokasi kumbung menuju ke pasar/tempat pengepul berada. Kalaupun pembudidaya memiliki cukup waktu, maka untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi adalah memasarkan jamur segar ke konsumen/user. Pembudidaya jamur membuat bungkusan jamur segar, baik dalam satuan kg dan gram, sehingga butuh waktu dalam pengepakan produk dan memasarkan jamur secara langsung, akan tetapi harga lebih tinggi. Satu dari banyak cara untuk memperoleh hasil yang lebih besar adalah mengoptimalkan hasil panen jamur. Hasil panen dapat dioptimalkan dengan perawatan, pemeliharaan, pemupukan (pupuk organik khusus jamur), dan jumlah baglog jamur.
Kendala utama dalam beragribisnis jamur tiram ialah penanganan pascapanen. Setelah dipanen daya tahan jamur tiram segar dalam pendingin hanya sekitar tiga hari sedangkan pada kondisi ruang hanya satu hari. Untuk itu, mengetahui jenis-jenis olahan jamur tiram dapat membantu dalam penanganan pascapanen. Olahan jamur tiram memiliki prospek usaha yang lebih baik dibandingkan dengan jamur segar. Semangkuk olahan jamur tiram memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekantung jamur segar. Beberapa olahan jamur tiram yang dikenal oleh komoditi pasar antara lain, rempeyek jamur, nuget jamur, stik jamur, tumis jamur, pepes jamur, gorengan jamur, kerupuk jamur, dan baso jamur.

Hasil panen jamur satu diantaranya bergantung pada jumlah baglog. Banyak asumsi mengemukakan di dalam 1 baglog dapat menghasilkan 1 kg jamur segar. Perlu diketahui juga bahwa panen jamur tidak serempak. Untuk memulai usaha jamur, baiknya pembudidaya mengasumsikan pertumbuhan jamur rata-rata/hari dalam banyaknya jumlah baglog, kemudian dihitung dengan banyaknya hari panen jamur dan harga jual, serta dikurangi dengan biaya operasional dan pengeluaran.

Related Post