.

Kandungan Pupuk Organik Cair Bio MPM

Posted by Jaya Tani Saluyu, Pusat PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TANGERANG dan BOGOR

Bahan baku Pupuk Organik Cair Bio MPM

Bahan Baku dan Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair BIO MPM

Bahan baku pupuk organik cair “Bio MPM” berasal dari tumbuhan dan hewan yang ada di sekitar kita dan 100% organik murni yang tidak membahayakan bagi kesehatan manusia serta ramah lingkungan.

Proses pembuatannya menggunakan bio teknologi yaitu fermentasi bahan-bahan mentah alami untuk menghasilkan mikro organisme positif selama kurang lebih 2 bulan lamanya.


Kandungan Unsur Pupuk Organik Cair BIO MPM

Pupuk organik cair serba guna “Bio MPM” mengandung sedikitnya 25 jenis unsur, mengingat bahan bakunya terdiri dari 12 jenis. Kami hanya mencantumkan 13 jenis unsur makro dan mikro, antara lain: 

N, P2O5, K2O, CaO, SO4, Cl, MgO, Fe, Zn, B, Mn, Co, Mo.

Unsur-unsur inilah yang “mutlak” dibutuhkan oleh tumbuhan dan hewan untuk tumbuh berkembang secara normal. Pupuk “Bio MPM” juga dilengkapi dengan asam humat, asam vulvat yang berguna untuk menstrukturisasi / menetrealisir zat-zat yang tidak dapat larut dalam tanah, Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) seperti auxin, giberilin, sitokinin serta asam amino (protein) dan lemak nabati dan hewani serta mineral alami.


Fungsi dan Peran Unsur Kandungan Pupuk Organik Cair BIO MPM

1. Tiga Belas (13) Unsur Hara makro dan mikro

Ketiga belas unsur hara baik itu makro dan mikro merupakan makanan 4 sehat 5 sempurna bagi tanaman / hewan ternak agar mampu berproduksi dengan sempurna. Ketiga belas unsur ini mutlak diperlukan, kekurangan satu jenis saja dapat mengganggu pertumbuhan dan produksi tanaman dan hewan ternak. Ketiga belas unsur tersebut yaitu N, P2O5, K2O, CaO, SO4, Cl, MgO, Fe, Zn, B, Mn, Co, dan Mo.


2. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT)

Fungsi ZPT seperti auxin, giberilin, sitokinin pada tanaman sangat penting bagi proses pembentukan perakaran, mempercepat pertumbuhan, merangsang pembentukan bunga, buah serta mencegah/mengurangi kerontokan bunga dan buah serta menurunkan tingkat kematian.

3. Asam Humat dan Asam Vulvat

Kedua asam ini berperan “melarutkan” sisa-sisa residu kimia dalam tanah. Tanah akan gembur sekali (memperbaiki struktur tanah), sebagai pelarut pupuk TSP/SP 36 juga merangsang perkembangbiakan mikro organisme yang berguna bagi tanaman/ternak.

4. Asam Amino (protein) dan Lemak Nabati dan Hewani

Peran asam amino (protein) dan lemak adalah untuk memacu produktifitas, mengurangi tingkat kematian. Bio MPM juga mengandung mineral-mineral alami, seperti: Na, Cl, Mo, Cr dan vitamin yang dibutuhkan oleh unggas, ternak, ikan dan udang.









Baca juga:

Related Post