PELUANG BISNIS JAMUR TIRAM

Posted by Jaya Tani Saluyu, Pusat PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TANGERANG dan BOGOR

pelatihan budidaya jamur tiram, shiitake, kuping, merang, eryngi

Usaha jamur tiram saat ini menjadi hal yang menarik dan menjanjikan. Menarik karena media dan peralatan yang digunakan ialah sederhana dan tradisional serta mudah dibuat dan didapat, menjanjikan karena dapat menhasilkan keuntungan dengan cepat. Untuk memulai suatu usaha jamur tiram, diperlukan persiapan dan manajemen usaha. Persiapan usaha jamur tiram dapat dimulai dari pengenalan jamur tiram meliputi pengadaan bibit jamur tiram, teknik budidaya jamur tiram (persiapan lokasi dan media, inokulasi bibit, pemeliharaan, pengendalian gulma, hama dan penyakit jamur, penanganan panen dan pasca panen) serta manajemen usaha jamur tiram meliputi operasional usaha jamur tiram, analisis usaha, pengembangan produk jamur dan analisis pasar. Hal tersebut diperlukan untuk mendapatkan hasil jamur tiram lebih optimal.

Untuk, memulai sebuah usaha jamur, maka pembudidaya dapat mempersiapkan lokasi rumah jamur (kumbung). Lokasi jamur sebaiknya dibangun di lahan yang datar, dekat dengan sumber air (irigasi system), mudah untuk transportasi dan pengangkutan bahan baku. Lahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu luas. Pembudidaya jamur dapat membuat kumbung di lahan dengan ukuran 6x12 m2, 7x21 m2, dan 9x27 m2, masing-masing dapat memuat baglog sekitar 15.000-30.000 baglog jamur tiram. Besarnya jumlah baglog di dalam kumbung dapat direkayasa dengan susunan rak yang dibuat. Rak kumbung biasany terdiri atas 4-6 susunan rak, jika terlalu banyak susunan rak maka tidak efektif untuk pemanenan jamur, begitupun sebaliknya jika susunan rak sedikit akan berpengaruh terhadap hasil. Baik kumbung maupun rak dapat terbuat dari ornamen bambu, besi maupun baja ringan bergantung dari biaya yang diperhitungkan.

Sebaiknya, pembudidaya jamur selagi mempersiapkan lokasi dan kumbung untuk jamur tiram, maka baglog jamur langsung dibuat. Banyaknya pembuatan baglog, bergantung dari target dan kapasitas kumbung jamur. Yang perlu diingat ialah waktu dan lamanya masa tumbuh baglog, agar dapat diperhitungkan hasil dan keuntungan yang didapat. 

Prinsipnya bahwa, usaha jamur tiram merupakan usaha dengan teknologi yang sederhana, tidak memerlukan skill yang tinggi, fleksibel, dan dapat dikondisikan. Pengenalan prinsip tumbuh jamur dan habitat jamur perlu diketahui oleh pembudidaya jamur, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal, dan dapat meraup untung dari panen jamur setiap harinya.


JATAYU (Jaya Tani Saluyu)

Jl. Dr setiabudi no 19, Pondok kacang timur,
Tangerang
Telp 08179163724

Related Post